Kamis, 17 Februari 2011

“ Act as a Leader, not a Manager, Stop Managing, Start Leading !”


Perbedaan antara Leadership dan Managership
Leadership
Managership

-Critical decision making
-Strategic decision
-Option widening
-Opportunistic surveillance
-Goal setting and changing
-Prospective
-Proactive
-Elevate employee
-Shape the organization’s culture





-Emergent
-Personal
-Moral
-Consensual, catalystic
-Empower people



- Routine decision making
- Technical decision
- Uncertainty reduction
- Problematic search
- Goal achieving
- Retrospective
- Reactive
- Exchange with Employee
- Work within the organization’s culture



-Designated
-Structural
-Rules and regulations
-Hierarchie
-Control and influence people
 

Pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya. Pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama. Pemimpin selalu menjadi yang terdepan (teladan); menerima efek positif dari semua tidakannya, atau juga sebaliknya, menanggung resiko atas semua tindakan yang telah diambil.

Menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah. Sebab sikap-sikap kepemimpinan bukan diperoleh dari bakat sejak lahir, ataupun dengan mempelajarinya selama beberapa jam pertemuan. Sikap kepemimpinan merupakan sebuah proses yang terus menerus dipelajari dalam tahapan menjadi seorang pemimpin. Jadi sikap kepemimpinan dalam diri seseorang bukan sesuatu yang sifatnya pasti, tetap atau juga stagnan. Sikap itu terus membangun diri melalui serangkaian tempaan, sejalan dengan semakin matangnya pola pikir serta kedewasaan sikap. Sikap itu bukan sesuatu yang bisa mencapai tahap finish. Serangkaian proses yang tak pernah usai tersebut bermuara pada satu tujuan yaitu menjadi pemimpin yang sesungguhnya.

Karakter pemimpin yang baik yaitu memiliki kharisma sebagai seorang pemimpin, memiliki keberanian, pandai bersosialisasi, berkomunikasi, dan menjalin kerjasama dengan anggota tim yang lain, memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain menuju ke arah positif, mampu membuat strategi, memiliki moral yang tinggi, dan mampu menjadi mediator maupun motivator.

Seorang pemimpin yang baik sangat dibutuhkan oleh setiap organisasi/sistem. Pemimpin merupakan pemegang kendali utama, keberhasilan suatu sistem/organisasi sangat dipengaruhi oleh seorang pemimpin. Begitu juga dalam sistem kesehatan kita, keberhasilan suatu program maupun perencanaan kesehatan sangat dipengaruhi oleh pemimpin utama, yaitu pemerintah, dan tidak terlepas dari peran serta kerjasama pihak-pihak lain yang terkait.

Referensi:
Materi kuliah mengenai “Leadership and Teamwork in Health Services” yang disampaikan oleh Bapak Budi Mulyono

0 komentar:

Posting Komentar